Error 413 Request Entity Too Large di Nginx, jangan panik

Saat meng-uji coba sebuah Wizard Formpada sebuah aplikasi berbasis Web di VPS hari ini, mungkin karena terlalu banyak input dan gambar yang harus di-upload, sehingga data yang harus dikirim dari client menjadi begitu besar, dan pada saat proses pengiriman selesai, tiba-tiba muncul pesan error pada web browser “413 Request Entity Too Large”.

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa request yang dikirim dari browser ke server memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran yang di-ijinkan oleh Nginx web server. Jika anda menemui masalah tersebut berikut hal yang dapat anda coba lakukan:

  1. Login ke VPS anda melalui SSH (misalnya putty.exe jika anda menggunakan Windows);
  2. Edit file nginx.conf, biasanya ada di dalam folder /etc/nginx/nginx.conf (ada dapat menggunakan text editor nano, pico, vi atau text editor lainnya);
  3. Cari baris client_max_body_size, naikan nilai yang ada pada baris tersebut (misal sebelumnya nilainya adalah client_max_body_size5m maka naikan-lah menjadi 10m atau sesuai dengan keinginan anda);
  4. Simpan perubahan pada file nginx.conf yang sudah anda edit tersebut;
  5. Reload service nginx dengan menggunakan perintah “sudo service nginx reload“;
  6. Coba kembali mengirimkan request yang sebelumnya gagal dikirimkan.

Langkah tersebutlah yang saya lakukan pada saat menemui Error “413 Request Entity Too Large” di Nginx, dan berhasil mengatasi masalah tersebut, mudah-mudahan juga dapat membantu anda jika anda mengalamai masalah serupa, terima kasih.

Leave a Reply

Close