Tips Belajar PHP bagi Pemula

Tips Belajar PHP bagi Pemula

PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor,merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat halaman web dinamis yang diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, PHP merupakan server side scripting language yang memproses tiap baris perintah di server untuk kemudian disajikan pada web browser menggunakan HTML (Hyper Text Markup Language), meskipun PHP sendiri banyak digunakan untuk keperluan pemrograman berbasis CLI (Command Line Interface).

Begitu populernya bahasa pemrograman ini, sehingga akan lebih mudah bagi pemula yang ingin belajar PHP untuk mendapatkan dukungan baik berupa dokumentasi, tutorial, contoh program dan library pendukung lainnya. Bagi anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman ini berikut ini adalah tips yang dapat anda gunakan.

#1 Pahami HTML

Secara umum PHP digunakan untuk membangun website dinamis, dimana hasil pemrosesan data yang dilakukan oleh PHP interpreter akan di sajikan menggunakan HTML, jadi sebelum mempelajari PHP sebaiknya anda mempelajari HTML terlebih dahulu dan tentunya akan lebih baik lagi jika anda juga menguasai CSS dan javascript yang akan menjadikan tampilan HTML anda lebih dinamis lagi.

#2 Pelajari konsepsi dasar pemrograman PHP

Konsepsi dasar yang dimaksud disini adalah bagaimana penerapan konsep dasar pemrograman secara umum di PHP, seperti sebuah perulangan (for, foreach, while, do), seleksi kondisi (if, else, switch), penerapan tipe data dan variable dan lain-lain, karena setelah memahami penerapan dasar pemrograman tersebut akan lebih mudah bagi kita untuk masuk ke tahap lanjut dari pemrograman PHP.

#3 Pahami penggunaan fungsi-fungsi

Pada dasarnya PHP menerapkan konsep functional programming dimana proses-proses interpretasi dari script di handle oleh fungsi-fungsi yang disediakan oleh PHP, walaupun belakangan ini PHP sudah mulai menerapkan konsep object oriented programming, untuk mempelajari fungsi-fungsi yang ada, ada dapat membacanya di PHP Function Reference.

#4 Pelajari DBMS

Penggunaan DBMS (Database Managemen System)seperti MySQL, PgSQL, Oracle dan lain-lain sangat umum pada sebuah website dinamis, jadi ada baiknya anda juga mempelajari penggunaan DBMS, DBMS yang paling sering digunakan adalah MySQL Database. Setelah anda memahami penggunaan DBMS lanjutkan dengan mempelajari fungsi-fungsi/Class PHP yang terkait dengan DBMS yang akan anda gunakan.

#5 Fokus pada PHP itu sendiri

Bagi anda yang masih baru belajar PHP, ada baiknya anda fokus pada PHP itu sendiri, hal ini dimaksudkan agar anda bisa memahami bagaimana hal-hal mendasar dari tiap proses dilakukan oleh PHP. Setelah anda benar-benar memahami hal-hal mendasar tersebut, baru anda lanjutkan pada penggunaan berbagai PHP Framework yang akan lebih memudahkan anda dalam membangun website dinamis berbasis PHP.

#6 Ikuti forum diskusi

Pada saat belajar ada kalanya kita menemui kebuntuan akan sebuah permasalahan, pada saat-saat seperti inilah forum diskusi akan sangat membantu kita dalam menemukan solusi dari ke-buntu-an yang dihadapi. Jadi bagi anda yang ingin belajar PHP sangat dianjurkan untuk mengikuti forum-forum tentang PHP baik forum lokal maupun forum global.

Demikianlah beberapa tips yang bisa diterapkan jika anda tertarik untuk belajar PHP, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Close